Tugas keempat semester 2

 Algoritma dan pemrograman dibagi menjadi 3 yaitu:

A. Scratch lanjutan
B. Blocky
C. Robot Ozobot


A. Scratch lanjutan

Aktivitas ini dapat membantu untuk memahami tentang kontrol program, input/masukan pengguna, penyimpanan variable, dan pengelompokan blok menjadi sebuah fungsi khusus atau disebut Custom Block pada Scratch.

1. Kode Control, Input, dan Variable
-Input adalah sebuh proses yang digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukannya akan disimpan dalam sebuah variable
-Variable adalah untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan dapat diubah dengan blok
-Control adalah kode Control pada Scratch dapat mengatur jalannya progran dan dapat melakukan pengulangan atau restart dalam percobaan




Buat program dimana sprite Cat si Meong dan sprite Person si Tika akan terus berganti costumes dan sprite Basketball si Bola juga terus berputar di tempat. Si Meong akan menjadi juri yang menilai kepiawaian si Tika dalam menangkap si Bola. Jangan lupa gunakan backdrop Basketball 1. Setiap kali si Tika berhasil mengenai si Bola, nilai Score akan bertambah.







2. Kode Custom Block
Custom Block merupakan sebuah block di Scratch yang dapa kita buat sendiri dan dapat disesuaikan sesuai dengan fungsnya, pada umumnya Custom Block dianggap sebuah fungsi atau prosedur.
Kode Custom dibagi menjadi dua yaitu:

-Custom Block terdefinisi
Custom Block (maju) memiliki X, dimana X tersebut adalah berapa banyak si kucing harus bergerak maju
-Custom Block Dipanggil
Custom Bock (Space) dimana jika tanda spasi ditekan maka kucing tersebut akan melompat atau bergerak


dapat dilihat dari gambar dibawah ini






B. Blocky
merupakan suatu tools yang dapat membantu membuat progam sederhana dengan menggunakan blok-blok yang sudah terdapat coddingan, sehingga membuat suatu program ataupun game lebih mudah.
Games pada Blocky terdiri dari 3 yaitu:

-Blocky
menggunakan blok-blok yang di drag and drop seperti pada Scratch unuk membuat suatu kode pemrograman
-Games
menggunakan drag and drop juga untuk membuat suatu games
-Robots 
Menggunakan Blocky untuk mengatur jalannya robots, terdapat juga beberapa merek yang dapat di kontrol secara langsung yaitu Lego EV3 atau Sphero



Pada games Blocky akan ada pilihan sebagai berikut, jika kalian baru pemula tekan yang  bertulis Beginer, sedangakan jika sudah ahli atau terbiasa tekan yang berjudul Advance



C. Robot Ozobot
Materi ini merupakan materi tambahan apabila kalian memiliki robot ozobot. Robot ini dapat mengantikan robot dengan jenis line follower, Kalian dapat berperan sebagai robot Ozobot sehingga menjadi aktivitas unplugged. Ozobot adalah salah satu mainan kecil robot canggih dalam dunia digital ini. Ozobot dapat dipakai untuk melatih pemrograman dasar secara 234 Informatika SMP Kelas VIII menyenangkan. Ozobot dapat membaca garis dan warna. Ozobot juga dapat digunakan di atas tablet digital atau di atas benda fisik seperti kertas. Instruksi dapat diberikan pada Ozobot untuk menyelesaikan perintah-perintah yang dimasukkan ke dalam memorinya



gambar diatas adalah gambar robot ozobot

Informasi lainnya bisa dimabil dari Video di bawah ini
https://youtu.be/uqVJc9lLknA






Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pertemuan keempat

pertemuan ketiga

Jawaban Ulangan Informatika 2