Pertemuan keempat


Nama: Prama
Kelas: 8B
Absen: 29




5 Pertanyaan reflektif

1. bisa


untuk linknya bisa di klik atau di copas
https://www.canva.com/design/DAFKBef7QNc/w3-yV62wbuey8zYw19Mfrg/view?utm_content=DAFKBef7QNc&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

2. menurut saya yang paling bekesan adalah dampak sosial informatika karena saya selalu berpikir apa jadinya informatika di masa depan jika terus di kembangkan oleh kita


3. pengalaman saay membuat mie instan atau membuat kue dengan langkah-langkah

4. berpikir komputasional

5. Rangkuman faktual yang sudah dipelajari adalah berpikir komputaional, analisi data, sistem komputer, dan algoritma dan pemrogramaan. Tetapi ada juga beberapa elemen atau konsep informatika yang belum dipelajari yaitu praktik lintas bidang








 Apa saja yang sudah kalian ketahui tentang:

1. 
Berpikir Komputational (BK)
2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
3. Sistem Komputer (SK)
4. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
5. Analisis Data (AD)
6. Algoritma dan Pemrograman (AP)
7. Dampak Sosial Informatika (DSI)
8. Praktik Lintas Bidang (PLB) Informatika


Jawaban untuk 8 pertanyaan tersebut:

1. Berpikir komputational adalah menyelesaikan persoalan dengan menggunakan teknik ilmu komputer

2. Teknologi informasi dan komunikasi adalah segala kegiatan yang terkait dengan memproses, pengolaan atau pemindahan informasi antar media

3. Sistem komputer adalah kumpulan-kumpulan perangkat komputer yang saling berhubungan satu sama lain

4. Jaringan komputer dan internet adalah himpunan perangkat komputer yang terhubung satu sama lain

5. Analisis data adalah proses pengolahan data dengan tujuan untuk menemukan informasi yang berguna yang dapat dijadikan dasar untuk solusi suatu masalah

6. Algoritma dan pemrograman
-algoritma adalah 
langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah
-pemrograman adalah sebuah proses menerjemahkan rangkaian logika menjadi notasi-notasi atau karakter-karakter bahasa pemrograman

7. Dampak sosial informatika adalah 
studi yang mempelajari aspek-aspek sosial dari komputerisasi atau informatika termasuk peran teknologi informasi dalam perubahan sosial

8. praktik lintas bidang adalah 
sebuah konsep pembelajaran terhadap sebuah pekerjaan yang secara umum harus dipelajari meskipun bukan bidang yang ditekuni


                                                      pengalaman belajar informatika

Tahun kemarin saya belajar tentang informatika, dan di informatika saya dapat belajar banyak hal seperti berpikir komputasional, dan membuat game di scratch. tetapi apa itu informatika?

Informatika adalah merupakan ilmu yang mempelajari pengggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputer

Tetapi tidak hanya belajar saja, saya juga membuat game di scratch. Seperti game yang saya coding sendiri!

Di informatika saya juga dapat berpikir secara komputasional. Tetapi apa itu berpikir secara komputasional? Berpikir secara komputasional adalah menyelesaikan sesuatu atau persoalan dengan menggunakan teknik ilmu komputer. Berpikir komputasional mendorong siswa untuk berpikir secara kreatif dan kritis dalam menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan teknik ilmu komputer.

Seperti apa yang guru saya sampaikan berpikir komputasional memiliki 4 landasan terdiri dari.

1. Decomposition
mengurai masalah yang kompleks menjadi bagian-bagian kecil sehingga lebih mudah untuk di selesaikan

2. Pattern recognition
mencari pola yang terdapat pada masalah

3. Abstraction
fokus kepada informasi yang penting dan mengabaikan yang tidak penting

4. Algorithms
menentukan langkah demi langkah agar dapat mengatasi masalah


ada juga beberapa kelebihan berpikir komputasional yaitu.

1. Dapat memecahkan masalah yang rumis dengan cara sederhana dan efektif.
2. Dapat melatih mindset kita untuk berpikir secara logistic dan secara kreatif.
3. Mampu merumus masalah dengan menguraikannya menjadi bagian kecil yang lebih mudah agar dapat diselesaikan.


Tetapi saya tidak hanya belajar berpikir komputasional, saya juga belajar cara membuat game di scratch seperti gambar di bawah ini!


Kalian bisa memainkan game tersebut dengan mengklik atau copas link di bawah ini.
https://scratch.mit.edu/projects/680886427

Game tersebut dapat dimainkan dengan menggunakan kursor atau mouse kalian. Game tersebut memiliki 4 level. Setiap level memiliki ukuran bola dan kecepatan yang berbeda-beda. Ketika skor sudah sampai di nilai tertentu maka akan naik level. Semakin tinggi levelnya maka akan semakin kecil ukuran bola dan semakin cepat kecepatan bolanya.
Selamat Bermain!






















Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jawaban Ulangan Informatika 2

pertemuan ketiga